Rempah Tubruk, Minuman Herbal Segar, Minuman Sehat Bebas Pengawet, Alternatif Minuman Alami sekaligus Obat berbagai macam penyakit Tanpa Efek Samping
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah detail

4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu... detail

4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah... detail

7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis detail

» index berita

Kayu Manis..yang Semakin Manis


9 Mei 2012

KAYU MANIS...YANG SEMAKIN MANIS

Kayu Manis-Rempah Tubruk

Banyak diantara kita yang mengenal jenis tanaman yang biasa digunakan sebagai rempah dalam masakan ini, kayu manis. Kayu manis memiliki nama ilmiah Cinnamomum verum, tanaman ini banyak dimanfaatkan di bagian kulit kayunya yang dikeringkan. Pemanfaatan kayu manis selami ini masih terpusat pada kulit kayunya, padahal bagian akar, daun, batang , dan kayu dari tanaman ini memiliki potensi untuk dimanfaatkan, karena mengandung senyawa-senyawa kimia yang bermanfaat. Kayu manis sering dimanfaatkan masyarakat untuk keperluan memasak dan membuat kua, yaitu sebagai rempah penyedap aroma untuk meningkatkan citarasa dari makanan.

Pemanfaatan kayu manis sebagai rempah-rempah ini sudah dikenal lama oleh nenek moyang kita, tidak hanya untuk keperluan masakan, kayu manis juga dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit. Selain sebagai rempah penyedap masakan, akhir-akhir ini banyak penelitian yang dilakukan pada kayu manis untuk mengetahui manfaat lain dari tanaman ini. Dan diketahui bahwa kayu manis memiliki efek farmakologis yang bisa bergungsi untuk kesehatan dan penyembuhan penyakit pada manusia. Bagian dari tanaman kayu manis yang mengandung senyawa-senyawa bermanfaat yang memebrikan efek farmakologis tidak hanya pada bagian kulit kayu. Bagian batang, akar, daun, serta kayunya sendiri ternyata mengandung banyak senyawa bermanfaat dan memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan.

Adanya efek farmakologis pada kayu manis ini dipengaruhi oleh senya-senyawa kimia yang menyusunnya. Beberapa senyawa yang terkandung dalam kayu manis antara lain minyak atsiri, chalconoids, eugenol, safrole, sinamaldehide, tanin, kalsium oksalat, damar, dan zat penyamak. Komponen senyawa kimia yang terkandung dalam kayu manis tersebut bisa memberikan efek positif bagi tubu, serta dapat mengurangi beberapa gejala dari penyakit. Beberapa manfaat kayu manis yang berfungsi dalam menjaga kesehatan dan penyembuhan penyakit diantaranya:

Mengatasi diabetes (kencing manis), penelitian menunjukkan bahwa kayu manis mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan senyawa di pancreas, yaitu sel beta yang berfungsi memproduksi insulin, jika produksi insulin meningkat maka pemecahan gula dalam darah menjadi energy akan lebih optimal, dan ini dapat mencegah penyakit kekurangan insulin, yaitu diabetes.

• Mencegah stroke dan aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), senyawa sinamaldehid pada kayu manis memiliki sifat anti-agregasi (anti-penggumpalan) platelet. Platelet merupakan kolesterol yang menempel pada pembuluh darah, ketika platelet dihambat untuk menggumpal maka resiko penyumbatan pembuluh darah akan berkurang.

• Mengurangi kadar kolesterol, mengkonsumsi kayu manis dapat menurunkan kadar LDL dalam darah, dimana LDL merupakan kolesterol yang menyebabkan timbulnya penyakit.

• Memiliki zat-zat anti-infeksi, analgesic (pengurang rasa sakit), antirematik, serta antibakteri

• Mengatasi penyakit neurodegenerative (penyakit yang menyerang saraf), seperti Alzheimer, Parkinson, multiple sclerosis, tumor otak, dan meningitis

• Mengatasi gangguan perut, nyeri haid, dan diare

• Mengatasi penyakit persendian dan asam urat

• Memberikan efek aroma terapi.

Banyaknya manfaat yang terkandung pada kayu manis manjadikan tanaman rempah ini memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan tidak hanya untuk keperluan penyedap masakan, tapi juga di bidang pengobatan herbal dan alami. Kayu manis bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku produk-produk herbal seperti kapsul serbuk kayu manis, minuman kayu manis, serbuk kayu manis instan, serta produk-produk lain. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika mengembangkan produk kayu manis adalah terkait dengan penggunaan zat-zat tambahan makanan, produk alami jauh lebih baik daripada produk-produk yang ditambahkan bahan kimia. Karena banyak terjadi penambahan dari bahan kimia tersebut justru mengurangi manfaat dari tanaman itu sendiri dan menimbulkan efek negatif bagi yang mengkonsumsi. Maka, konsumen harus lebih selektif dalam memilih produk, hindari produk yang mengandung pewarna, pemanis, pengawet, ataupun zat additif lainnya.

www.rempahtubruk.com



Baca juga
  » 12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah

  » 4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu...

  » 4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah...

  » 7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis

  » 4 Juni 2012
Kenapa MSG Berbahaya???
MSG sebenarnya merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial yang jumlahnya sangat melimpah di alam, asam amino merupakan senyawa penyusun protein bagi tubuh

Search
Search:
Information

© 2012 www.rempahtubruk.com


Toko Online