Rempah Tubruk, Minuman Herbal Segar, Minuman Sehat Bebas Pengawet, Alternatif Minuman Alami sekaligus Obat berbagai macam penyakit Tanpa Efek Samping
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah detail

4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu... detail

4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah... detail

7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis detail

» index berita

Rempah...Solusi Masuk Angin Tanpa Efek Samping


13 April 2012

Masuk Angin..Penyakit Sepele yang Berbahaya

Masuk angin, mungkin kita sudah tidak asing lagi mendengar jenis penyakit ini. Penyakit yang  kebanyakan disebabkan oleh penumpukan jumlah gas di dalam tubuh secara tidak merata ini sering sekali dialami oleh penduduk negara tropis. Selain itu pada umumnya masuk angin bisa disebabkan karena beberapa kondisi, misalnya kehujanan, terlalu capek, begadang, pola makan yang tidak teratur, terlalu lama berada dalam ruangan ber-AC, cuaca dingin, serta tidur terlalu malam.

Masuk angin sudah sangat familiar di telinga masyarakat yang hidup di wilayah negara tropis, dan sebaliknya penyakit ini tidak terlalu dikenal di masyarakat negara barat yang mayoritas memiliki 4 musim. Hal ini disebabkan karena di negara beriklim tropis hanya ada 2 musim, yaitu musim panas dan dingin, dan perbedaan dari kedua musim tersebut pun tidak terlalu signifikan, ketika musim panas tidak jarang hujan turun dan sebaliknya ketika musim hujan pun hujan tidak turun secara terus menerus. Akibat yang ditimbulkan dari iklim yang tidak menentu ini adalah respon tubuh yang terkadang kurang bisa menyesuaikan kndisi lingkungan sekitar, dan dampaknya salah satunya bisa mengakibatkan masuk angina. Sedangkan di negara yang memiliki empat musim, pergantian musim sudah jelas dan perubahannya pun cukup signifikan sehingga tubuhsudah siap merespon kondisi lingkungan sekitar.

Bagi sebagian masyarakat mungkin menganggap masuk angin sebagai hal yang biasa dan tidak berbahaya. Pada umumnya penyakit ini ditandai dengan gejala:

  • Perut kembung
  • Mual-mual
  • Tubuh meriang dan tidak nyaman
  • Diare
  • Muntah
  • Pusing
  • Demam
  • Kedinginan dan keluar keringat dingin
  • Badan terasa pegal-pegal

Gejala tersebut yang umumnya dialami oleh penderita masuk angin. Namun, ternyata penyakit masuk angin tidak bisa disepelekan. Ketika mengalami masuk angin, harus segera dilakukan tindakan untuk mencegahnya, karena masuk angin bisa berakibat fatal ketika tidak segera disembuhkan. Penumpukan gas di dalam tubuh dalam waktu yang lama akan dapat mengganggu aktivitas metabolisme tubuh dan kelancaran peredaran darah serta transfer darah ke seluruh tubuh. Bahkan beberapa jenis angin yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti Stroke bahkan kematian (dikenal dengan istilah angin duduk). Penyakit stroke terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah yang berakibat darah tidak bisa mengalir sempaurna ke seluruh tubuh, selain karena gangguan syaraf. Ketika terjadi penumpukan angin atau gas di salah satu organ, maka syaraf bisa mengalami tekanan akibat gas tersebut dan hal ini bisa memicu penyakit seperti stroke atau nyeri pada tulang. maka jangan pernah menganggap sepele masuk angin, karena jika dibiarkan dampaknya bisa fatal.

Pada umumnya masyarakat ketika mengalami masuk angin, pengobatan yang dilakukan adalah dengan kerokan. Kerokan yaitu menggosok bagian punggung dengan menggunakan benda-benda tumpul dan minyak gosok. Punggung akan dogosok hingga berwarna merah akibat dari pembuluh darah yang terbuka dan dialiri darah, dan rasa sakit akan hilang karena perdaran darah lancer. Penyembuhan masuk angina dengan metode kerokan ini juga dikenal di beberapa daerah yaitu China, Vietnam, dan Kamboja. Meskipun kerokan mampu meredakan masuk angina, tetapi ternyata kerokan memiliki efek berbahaya bagi tubuh diantaranya adalah pembesaran pori-pori kulit akibat gesekan benda tumpul dengan tubuh, dimana hal ini justru memicu seseorang labih rentan terkena masuk angin karena ukuran pori-pori semakin membesar, selain itu kabiasaan kerokan juga rentan terhadap masuknya bakteri dan virus ke dalam tubuh, hal ini karena alat yang digunakan untuk kerokan tidak steril serta ukuran pori-pori yang semakin besar.

Alternatif yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko masuk angin serta menyembuhkan masuk angin adalah dengan menjaga pola makan dan istirahat cukup. Selain itu mengkonsumsi rempah-rempah juga dipercaya dapat mengurangi efek masuk angin tanpa menimbulkan efek samping. Ramuan rempah-rempah telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sejak jaman dahulu dan memang terbukti adanya senyawa-senyawa kimia alami yang terkandung dalam rempah bisa mengurangi beberapa penyakit termasuk masuk angin. Beberapa rempah yang umum digunakan untuk mengatasi masuk angin adalah jahe, kencur, cengkeh, kapulaga, dan rempah lainnya yang member efek hangat pada tubuh.

 

 

 



Baca juga
  » 12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah

  » 4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu...

  » 4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah...

  » 7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis

  » 4 Juni 2012
Kenapa MSG Berbahaya???
MSG sebenarnya merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial yang jumlahnya sangat melimpah di alam, asam amino merupakan senyawa penyusun protein bagi tubuh

Search
Search:
Information

© 2012 www.rempahtubruk.com


Toko Online