Rempah Tubruk, Minuman Herbal Segar, Minuman Sehat Bebas Pengawet, Alternatif Minuman Alami sekaligus Obat berbagai macam penyakit Tanpa Efek Samping
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah detail

4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu... detail

4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah... detail

7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis detail

» index berita

Rempah-rempah dan Kanker Tenggorokan


17 April 2012

Rempah-rempah dan Kanker Tenggorokan

Tenggorokan terletak di leher dan bersebelahan dengan kerongkongan (saluran pencernaan) manusia. Tenggorokan merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai saluran pernafasan yang menghubungkan hidung dan paru-paru. Sebagai organ pernafasan, tenggorokan memiliki fungsi yang sangat vital, karena menjadi saluran yang membawa udara (oksigen) dari hidung menuju paru-paru. Dan sebagai saluran perantara, tenggorokan memiliki resiko mengalami gangguan mulai dari radang tenggorokan yang biasa disebabkan oleh virus yang terbawa dalam udara, hingga kanker tenggorokan yang timbul akibat pertumbuhan sel asing.

Kanker tenggorokan merupakan penyakit yang timbul karena adanya mutasi genetik dan menyebabkan  pertumbuhan sel asing di organ tenggorokan. Pertumbuhan se lasing ini akan mengganggu pertumbuhan sel yang lain. Jika sel normal bekerja mendukung organ inangnya dan akan mati ketika sudah tua, maka sel kanker tidak demikian. Sel kanker pada umumnya akan tumbuh secara liar dan bisa menjadi parasit bagi organ inangnya. Kanker tenggorokan biasa menyerang pada jaringan nasofaring yaitu bagian atas tenggorokan.

Seperti halnya kanker lainnya, kanker tenggorokan juga memiliki beberapa jenis, antara lain:

  • Hypopharyngeal cancer (laryngopharyngeal cancer) merupakan kanker yang terjadi pada hypopharynx (laryngopharynx) (bagian bawah tenggorokan, sedikit di atas esophagus dan saluran angina)
  • Oropharyngeal cancer merupakan kanker yang terjadi pada orofaring (bagian tenggorokan dibelakang mulut)
  • Glottic cancer merupakan kanker yang terjadi pada membran suara
  • Subglottic cancer merupakan kanker yang terjadi pada bagian bawah pita suara, di bawah membran suara.
  • Nasopharyngeal cancer merupakan kanker yang terjadi pada nasofaring (bagian tenggorokan dibelakang telinga)
  • Supraglottic cancer merupakan kanker yang terjadi di bagian atas larynx dan termasuk kanker yang menyerang epiglottis, di mana sebagian tulang rawan yang menahan makanan masuk ke tenggorokan.

Kanker tenggorokan kebanyakan menyerang orang dewasa dan jarang terjadi di Indonesia. Tetapi beberapa sumber menyebutkan anak-anak juga memiliki resiko terserang penyakit ini, dan semua orang dari etnis apapun bisa terserang penyakit ini. Kanker tenggorokan termasuk penyakit yang berbahaya, karena sering terjadi pada daerah pita suara dan bisa merambat ke kerongkongan karena letaknya berdekatan. Semua orang memiliki resiko terserang kanker tenggorokan, namun beberapa orang yang memiliki kriteria berikut beresiko labih basar daripada yang lain:

  • Pengkonsumsi alkohol
  • Perokok
  • Penderita penyakit tenggorokan (radang tenggorokan, sinusitis, dll.)
  • Pengkonsumsi ikan asin yang berlebihan
  • Orang yang terjangkit virus HPV
  • Sering terpapar logam atau zat kimia berbahaya

 

Kanker tenggorokan pada umumnya jarang terdeteksi ketika masih stadium awal, dan seperti halnya jenis kanker yang lain, baru diketahui ketika sudah cukup parah (stadium akhir). Karena penyakit ini tidak memiliki tanda-tanda spesifik, kebanyakan tanda-tandanya sepert sakit tenggorokan biasa, sehingga banyak masyarakat yang menyepelekannya. Namun, ada beberapa gejala yang perlu kita waspadai ketika kita mengalaminya, karena bisa jadi iniadalah gejala kanker tenggorokan, yaitu:

  • Batuk-batuk
  • Mengalami gangguan pada pernafasan dan pencernaan (sulit menelan)
  • Gangguan pada pendengaran
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Adanya benjolan di daerah leher
  • Adanya perubahan suara yang tidak wajar
  • Mimisan
  • Sakit kepala dan bagian leher

Ketika anda mengalami beberapa gejala di atas sebaiknya segera memeriksakan kesehatan anda, agar segera bisa didiagnosa dan bisa dilakukan langkah pencegahan. Penyembuhan penyakit kanker tenggorokan bisa dilakukan dengan serangkaian terapi medis serta langkah altenatif pengobatan herbal. Dan untuk melakukan pencegahan anda bisa melakukan dengan menghindari rokok dan alkohol, mengatur pola konsumsi makanan, olahraga, menghindari tempat-tempat yang mengandung polusi, dan mengkonsumsi makanan-makanan alami yang bisa menjaga daya tahan tubuh anda. Mengkonsumsi ramuan rempa-rempah secara teratur juga bisa mencegah timbulnya sel kanker, kerana beberapa jenis rempaha seperti jahe, kunyit, temulawak, dll. memiliki efek yang dapat mencegah penyakit. 



Baca juga
  » 12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah

  » 4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu...

  » 4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah...

  » 7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis

  » 4 Juni 2012
Kenapa MSG Berbahaya???
MSG sebenarnya merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial yang jumlahnya sangat melimpah di alam, asam amino merupakan senyawa penyusun protein bagi tubuh

Search
Search:
Information

© 2012 www.rempahtubruk.com


Toko Online