Rempah Tubruk, Minuman Herbal Segar, Minuman Sehat Bebas Pengawet, Alternatif Minuman Alami sekaligus Obat berbagai macam penyakit Tanpa Efek Samping
Login
Shopping Cart
shopping cart
News
12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah detail

4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu... detail

4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah... detail

7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis detail

» index berita

Sehat Dengan Rempah


18 April 2012

Sehat dengan Rempah

Rempah Tubruk

Rempah-rempah, mungkin sebagian masyarakat Indonesia sudah familiar dengan istilah yang biasanya ditujukan pada aneka jenis tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat dan bumbu dapur ini. Bahkan, salah satu alasan para penjajah datang ke Indonesia adalah karena Indonesia merupakan salah satu penghasil rempah terbesar di dunia, dan ini merupakan potensi alam yang sangat besar dan berharga.

Manfaat dan kegunaan rempah-rempah sebenarnya sudah banyak dikenal oleh para nenek moyang kita sejak jaman dahulu. Dan seiring dengan berkembangnya teknologi, saat ini eksplorasi terhadap rempah-rempah terus dilakukan, melalui penelitian yang dilakukan oleh para peneliti. Hasilnya adalah banyaknya produk-produk hasil olahan dari rempah-rempah yang sekarang beradar di pasaran dengan berbagai macam bentuk dan variasi.

Kemajuan teknologi saat ini memaksa masyarakat untuk menjaga hidup mereka lebih sehat. Merajalelanya berbagai macam penyakit yang mematikan membuat masyarakat mau tidak mau harus lebih hati-hati dan selektif dalam memilih jenis makanan yang akan mereka konsumsi, dan alternatif kembali ke alam adalah cara yang paling banyak ditempuh. Banyak masayarakat saat ini yang lebih memilih produk-produk herbal yang berasal dari rempah-rempah berkhasiat untuk menjaga kesehatan mereka, hal ini karena produk-produk herbal tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh. Dan sebenarnya anda tidak perlu membayar mahal untuk membeli produk-produk herbal, karena banyak rempah-rempah disekitar kita yang sebenarnya memiliki banyak manfaat, diantaranya:

Jahe

Jahe mengandung berbagai senyawa volatile yang berfungsi memberikan aroma jahe yang menyegarkan, senyawa non volatile (gingerol) yang berfugnsi memberi rasa pedas, serta minyak atsiri yang banyak manfaat. Jahe dapat digunakan sebagai penghangat tubuh dan penghilang mual.

 

Kunyit

Kunyit memilki zat antimikroba yang cukup tinggi, hampir menyerupai alcohol, sehingga tanaman ini sangat baik untuk menyembuhkan luka akibat bakteri. Kunyit juga diyakini menjadi pencegah kanker dan lebih efektif ketimbang obat penghilang rasa sakit seperti aspirin atau ibuprofen. Air rebusan kunyit juga berfungsi sebagai diuretikum yang dapat melancarkan air seni. Dan manfaat lainnya adalah mencegah kanker, hipertensi, mengurangi gejala maag dan gangguan perut.

Kayu manis

Kayu manis tidak hanya berguna sebagai penyedap dan pengharum aneka masakan. Bany penelitian yang menunjukkan bahwa kayu manis sangat efektif dalam menurunkan kadar gula darah dan ini berarti kayu manis baik untuk penderita diabetes. Selain itu kayu manis juga mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah, mempunyai komponen anti-infeksi, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit neurodegenerative (penyakit yang berhubungan dengan saraf).

Secang

Bagian secang yang banyak dimanfaatkan adalah batangnya (kayu). Pemanfaatan kayu secang biasanya sebagai pewarna dan bahan minuman penyegar. Kayu secang mengandung anti-bakteri, anti-koagulasi (anti penggumpalan), serta mengandung antioksidan. Secang dapat berfungsi untuk memperlancar aliran darah, mengobati gangguan perut, dan memberi efek rileks.

Jahe Merah

Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri, senyawa volatile, dan senyawa non-volatil paling tinggi jika dibandingkan jenis jahe lainnya. Hal ini berarti jahe merah sangat cocok digunakan untuk pengobatan. Jahe merah mampu menyembuhkan berbagai jenis infeksi dan radang pada tubuh, serta menjaga kebugaran tubuh.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa dapat berfungsi sebagai detoksifikasi (dapat mengeluarkan racun dari tubuh), mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, dan mengurangi resiko penyakit kanker.

Sambiloto

Daun sambiloto memiliki senyawa antibiotic yang dapat menghambat penyakit yang disebabkan oelh bakteri, virus,dan jamur, serta baik untuk kewanitaan.

Pala

Pala pada umumnya digunakan sebagai bumbu dapur, namun ternyata rempah ini memiliki manfaat meningkatkan aktivitas insulin (membantu mengatasi diabetes), membantu tubuh memproses gula darah secara lebih efisien dan karena itu mengurangi risiko diabetes. Pala juga dapat mencegah pengumpulan platelet sehingga menurunkan risiko stroke.                                                                  

Bawang putih

Pemanfaatan bawang putih ternyata tidak hanya sebagai bumbu dapur. Tanaman ini memiliki banyak manfaat, misalnya mampu mengatasi masalah penuaan, meremajakan sel-sel otak, menurunkan kolesterol, meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko kanker, mencegah penyakit jantung dan penyumbatan pada arteri.

Kapulaga

Kapulaga mengandung minyak atsiri (alfaborneol dan betakamfer) yang memiliki khasiat untuk mengencerkan dahak, memudahkan pengeluaran angin dari perut, menghangatkan, membersihkan darah, menghilangkan rasa sakit, mengurangi flatulensi (penumpukan gas dalam perut), serta dapat menghangatkan badan.

www.rempahtubruk.com



Baca juga
  » 12 Juli 2012
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah
Puasa Lebih Berkah Dengan Sunnah

  » 4 Juli 2012
Adab Tidur
Adab Tidur dalam Islam yaitu selalu...

  » 4 Juli 2012
Adab Makan dan Minum
Adab makan dan minum dalam Islam adalah...

  » 7 Juni 2012
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis
Resep Ikan Crispy Saus Asem Manis

  » 4 Juni 2012
Kenapa MSG Berbahaya???
MSG sebenarnya merupakan salah satu jenis asam amino non-esensial yang jumlahnya sangat melimpah di alam, asam amino merupakan senyawa penyusun protein bagi tubuh

Search
Search:
Information

© 2012 www.rempahtubruk.com


Toko Online